Tips Menabung Kakebo Ala Jepang Ini!

Pergi berliburmerupakan sebuah kebutuhan untuk melepas penat dan menenangkan pikiran sejenak dari pekerjaan. Agar momen bahagia ini bisa terwujud pastinya akan membutuhkan uang. Kamu harus membayar sejumlah biaya yang diperlukan untuk bisa melakukan ini.

Oleh karena itu, supaya keuanganmu tidak jadi keteteran karena biaya liburan itu, kamu harus bersiap-siap dengan cara mulai menabung setiap bulannya untuk kebutuhan ini. Jika pergi dengan dana tabungan, maka kamu akan lebih tenang dan senang ketika menjalani liburan. Inilah mengapa kamu harus selalu menabung, yaitu agar kamu memiliki uang simpanan untuk menjaga kelangsungan hidupmu pada saat kamu sudah tidak lagi ada penghasilan. Meskipun tidak lagi memiliki sumber penghasilan, setidaknya kamu masih memiliki uang yang bisa dipakai untuk hidup. Berbeda dengan menabung, berinvestasi tidak semata mengendapkan sejumlah uang tetapi berpeluang mendapatkan pengembangan aset.

Hasilnya, mayoritas responden berpendapat bahwa mereka sangat konsumtif dan kesulitan untuk menabung, serta tidak memiliki kebiasan yang baik sehingga menjadi boros. Tapi, mereka juga menyadari pentingnya menabung dan mereka merasa bisa menabung lebih banyak lagi dengan perangkat yang tepat dan dapat membantu memenuhi tujuan mereka. Responden yang merupakan anak-anak muda ini berharap aplikasi cellular yang person friendly untuk membantu mereka mengelola keuangannya dengan lebih baik lagi. Tak perlu jauh-jauh, sejak kecil orangtua kita sudah mengajarkan untuk menyisihkan uang jajan untuk ditabung ke celengan. Bukan cuma itu, di sekolah pun guru mewajibkan siswa-siswinya untuk rutin menabung dan dicatat di buku tabungan.

Nah, dengan cara mengumpulkan upah karena membantu orangtua, anak bisa sembari diajarkan berusaha sambil menabung untuk menggapai keinginannya. Misalnya, Anda dan anak sedang bermain dengan peran penjual dan pembeli di pasar dengan uang palsu atau mainan. Ketika anak berperan sebagai pembeli, berikan kembalian uang pada anak. Jadi, Pintek akan membayarkan seluruh biaya pendidikanmu langsung ke sekolah atau universitas dan kamu dapat membayar kembali ke Pintek dengan cara dicicil.

Kegiatan dimaksud telah direalisasikan melalui inisiasi program Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB) yang memiliki fitur bebas biaya administrasi dan setoran yang terjangkau,” ujar bupati. Anak harus memahami dan merasakan pengalaman jatuh bangun dalam mengelola uang sakunya. Perlahan anak akan menemukan pola yang tepat bagi dirinya, pola yang membuatnya dapat menyisihkan uang untuk menabung.

Dengan berinvestasi kamu bisa mendapatkan passive earnings sehingga dana yang akan kamu terima di akhir periode investasi akan meningkat dibanding dana awal. Untuk investor pemula sepertimu, pilihlah investasi minim resiko untuk menghindari terjadinya capital loss. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang ada banyak pilihan investasi yang rendah risiko. Asal dilakukan dengan hati-hati dan perencanaan yang baik, kamu bisa mengoptimalkan keuntungan secara terus menerus dan jangka panjang.

pentignya menabung

Selain itu, orang tua juga perlu memahami pentingnya menabung, yang bukan sekedar kewajiban tapi bisa dijadikan sebagai bagian dari gaya hidup dan mengajarkan anaknya mengenal tabungan sejak dini. Perkembangan teknologi dan informasi saat ini bagaikan air mengalir yang deras yang tidak bisa dibendung. Dari kota besar hingga pelosok desa informasi yang diterima oleh sebagian masyarakat menjadikan mereka mengikuti development untuk dijadikan style atau gaya hidup saat ini. Trend sosialita jaman sekarang atau gaya hidup jaman sekarang adalah terjadinya pengeluaraan belanja atau sikap konsumtif yang berlebihan. Sikap ini yang sebagian besar terjadi pada usia anak – anak, remaja hinggga dewasa yang tidak kita sadari. Pendapatan yang tidak seimbang dengan pengeluaran akan mengakibatkan terjadinya masalah dalam kehidupan dimana kehidupan tidak akan nyaman dengan hutang yang semakin menumpuk.

Anak-anak lebih memahami pentingnya menabung sejak dini, dan mereka mulai membiasakan menabung dari kecil, cara berhemat dan menyisihkan uang jajan. Tapi, Alhamdulillah semuanya berjalan dengan sangat baik berkat bantuan teman-teman KKN. Dengan lebih dini menabung dan berinvestasi maka dana yang dimiliki akan memberikan hasil berlipat.

Dengan begitu, anak Anda akan belajar untuk memilah dan menyesuaikan kapan ia bisa membeli barang-barang yang ia inginkan menggunakan hasil tabungannya. Jika sejak dini Anda sudah mengajarkan anak Anda untuk menabung dan membeli barang-barang sesuai keperluan saja, maka saat dewasa nanti ia akan terbiasa dengan hal itu. Ajarkan juga bahwa di masa depan ia akan menemukan hal-hal tidak terduga yang perlu dipersiapkan keuangannya.

Maka, mereka akan belajar menyesuaikan dan memilih waktu yang tepat untuk membeli barang favorit dengan uang tabungannya. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus, maka akan terbentuk suatu kebiasaan untuk mengatur sendiri keuangan sampai usianya dewasa. Jika kamu mulai menabung sejak dini kamu juga bisa mengatur skala prioritas kamu, seperti berapa persen yang bisa kamu sisihkan untuk tabungan atau berapa persen yang kamu harus sisihkan untuk pengeluaran. Dengan menabung, kamu biasa untuk mendahulukan mana kebutuhan yang memang lebih penting untuk kamu. Biasakan anak untuk menabung ketika ingin memiliki sesuatu yang harganya cukup mahal.

Joystik