Pentingnya Manajemen Uang Sejak Remaja

Selain itu, orang tua juga perlu memahami pentingnya menabung, yang bukan sekedar kewajiban tapi bisa dijadikan sebagai bagian dari gaya hidup dan mengajarkan anaknya mengenal tabungan sejak dini. Perkembangan teknologi dan informasi saat ini bagaikan air mengalir yang deras yang tidak bisa dibendung. Dari kota besar hingga pelosok desa informasi yang diterima oleh sebagian masyarakat menjadikan mereka mengikuti development untuk dijadikan style atau gaya hidup saat ini. Trend sosialita jaman sekarang atau gaya hidup jaman sekarang adalah terjadinya pengeluaraan belanja atau sikap konsumtif yang berlebihan. Sikap ini yang sebagian besar terjadi pada usia anak – anak, remaja hinggga dewasa yang tidak kita sadari. Pendapatan yang tidak seimbang dengan pengeluaran akan mengakibatkan terjadinya masalah dalam kehidupan dimana kehidupan tidak akan nyaman dengan hutang yang semakin menumpuk.

Maka, mereka akan belajar menyesuaikan dan memilih waktu yang tepat untuk membeli barang favorit dengan uang tabungannya. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus, maka akan terbentuk suatu kebiasaan untuk mengatur sendiri keuangan sampai usianya dewasa. Jika kamu mulai menabung sejak dini kamu juga bisa mengatur skala prioritas kamu, seperti berapa persen yang bisa kamu sisihkan untuk tabungan atau berapa persen yang kamu harus sisihkan untuk pengeluaran. Dengan menabung, kamu biasa untuk mendahulukan mana kebutuhan yang memang lebih penting untuk kamu. Biasakan anak untuk menabung ketika ingin memiliki sesuatu yang harganya cukup mahal.

Dengan begitu, anak Anda akan belajar untuk memilah dan menyesuaikan kapan ia bisa membeli barang-barang yang ia inginkan menggunakan hasil tabungannya. Jika sejak dini Anda sudah mengajarkan anak Anda untuk menabung dan membeli barang-barang sesuai keperluan saja, maka saat dewasa nanti ia akan terbiasa dengan hal itu. Ajarkan juga bahwa di masa depan ia akan menemukan hal-hal tidak terduga yang perlu dipersiapkan keuangannya.

pentignya menabung

Kegiatan dimaksud telah direalisasikan melalui inisiasi program Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB) yang memiliki fitur bebas biaya administrasi dan setoran yang terjangkau,” ujar bupati. Anak harus memahami dan merasakan pengalaman jatuh bangun dalam mengelola uang sakunya. Perlahan anak akan menemukan pola yang tepat bagi dirinya, pola yang membuatnya dapat menyisihkan uang untuk menabung.

Dengan mengerti bahwa uang didapat melalui kerja keras, mereka pun akan lebih mempunyai rasa tanggung jawab secara finansial kepada diri sendiri. Selain itu, mereka juga akan punya rasa tanggung jawab untuk tidak membebani orangtua mereka terus-menerus secara finansial. [newline]Setiap bulan sistem Danamon akan melakukan pendebetan secara otomatis untuk membantu kamu untuk disiplin menabung. Oh ya, jika ada kegagalan biaya debit atau penutupan rekening sebelum jatuh tempo, semuanya enggak akan dikenakan biaya sedikitpun, kok. Untuk menghindari rasa bosan menyimpan uang dan mencegah anak putus asa, orangtua bisa memberikan hadiah bagi anak di setiap tahapan menabung.

Joystik