Pentingnya Berinvestasi Untuk Masa Depan

Hal tersebut harus kamu pahami betul sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi. Merdeka.com – Direktur Presiden Direktur Interim Manulife Aset Manajemen Indonesia Afifa memaparkan perbedaan antara investasi dan menabung. Jika Anda tertarik berinvestasi, maka lakukanlah dengan segera dan pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan agar nantinya kehidupan Anda di masa depan akan lebih terjamin. Investasi adalah segala macam usaha yang dilakukan seseorang untuk menambah nilai dari aset yang telah dimilikinya. Jadi, baik menabung maupun investasi hanya bisa efektif dijalankan bila sudah sesuai dengan tujuan keuangan dan profil risiko kamu sebagai investor.

Menabung dengan berinvestasi

Saat ini, perusahaan Manajer Investasi dan perusahaan Sekuritas telah menawarkan produk reksa dana dengan harga terjangkau. Selain itu, terdapat pula perusahaan sekuritas yang menawarkan Anda memiliki saham dengan cara menabung. Bagi Anda yang lebih tertarik dengan jenis investasi fisik dengan nilai intrinsik yang lebih jelas, emas bisa jadi pilihan yang cukup menarik. Nilainya cenderung stabil dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Selama tidak ada masalah dengan keamanan baik di bank, ataupun di rumah tempat kamu menyimpan uang, tabungan akan cenderung aman. Berbeda dengan investasi yang memiliki risiko kerugian lebih besar apalagi jika dana yang kamu tanamkan juga tidak sedikit.

Fortuna Amanah hadir untuk melengkapi perencanaan keuangan keluarga Anda dengan perlindungan asuransi jiwa dan investasi di jalan yang sesuai dengan prinsip Syariah. AIA ProLink Assurance merupakan solusi perencanaan keuangan dan proteksi jiwa yang dirancang khusus untuk Anda. Dengan manfaat perlindungan jiwa dan investasi yang dapat membantu Anda menghadapi berbagai risiko yang tak terduga.

Itu berarti selama ALovers menabung ke angka Rp25 juta, nilainya tergerus setiap bulannya untuk bayar biaya administrasi. Namun, yang harus dicatat, bunga yang diberikan financial institution untuk tabungan terbilang kecil. Misalnya, ALovers harus punya tabungan minimal sebesar Rp25 juta. Namun secara umum, rata-rata financial institution menyediakan tenor maksimal 12 bulan. Meski demikian, ada juga beberapa financial institution yang menawarkan tenor deposito hingga 24 bulan. Tapi hal apa saja sih, yang bisa dijadikan pegangan lewat monitor report management?

Apabila Anda berinvestasi di pasar modal, Anda dapat membeli obligasi, atau reksa dana pendapatan tetap yang memiliki risiko kecil dengan kenaikan nilai yang tidak terlalu fluktuatif . Sementara itu, jika Anda siap dengan risiko fluktuasi nilai yang tinggi dengan kemungkinan keuntungan yang lebih besar, Anda dapat membeli saham, reksa dana saham, atau reksa dana campuran. Prioritas kebutuhan ini selanjutnya berpengaruh pada pilihan produk investasi yang akan diambil dan jangka waktunya. Dia memaparkan jika kebutuhannya untuk jangka pendek di bawah satu tahun, maka instrumen yang cocok bersifat konservatif seperti deposito atau reksa dana pasar uang. Lalu untuk target dua hingga tiga tahun, instrumen yang digunakan bisa berupa reksa dana pendapatan tetap atau obligasi pemerintah.

Sektor yang akan dijadikan investasi dapat dilihat dari pergerakan dalam indeks sektoral industri pada pasar modal. Pilihlah sektor dengan indeks bagus untuk investasi jangka panjang. Dari sisi risiko dan imbal hasil, keduanya menawarkan hal yang berbeda. Lalu, apakah terdapat perbedaan antara berinvestasi dan menabung? Sebagai bagian dari unit bisnis PT MNC Kapital Indonesia Tbk , MNC Sekuritas senantiasa mendorong nasabahnya agar semakin intens dalam berinvestasi.

Joystik