Four Cara Menabung Agar Cepat Terkumpul

Misalnya, saat menginjak usia 30 tahun harus sudah punya rumah. Terbiasa mengecek tagihan yang menjadi pengeluaran rutin wajib dibayarkan tepat waktu, sangat penting dilakukan. Namun, yang harus dicatat, bunga yang diberikan financial institution untuk tabungan terbilang kecil. Misalnya, ALovers harus punya tabungan minimal sebesar Rp25 juta.

Kenyataannya, kebanyakan orang tidak memiliki sisa uang walaupun sudah berhemat, sehingga tidak mampu menabung. Nah, berikut ini 5 alasan kenapa menabung di bank lebih menguntungkan daripada menyimpan uang sendiri di rumah. Toh sekarang ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih, baik untuk jangka pendek, menengah, maupun panjang. Pilih instrumen yang sesuai dengan tujuan dan yang memiliki profil risiko yang dapat kamu terima nantinya.

hal yang bisa kita lakukan untuk menabung

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menyimpan uang demi mewujudkan impian tersebut. Melalui catatan kecil tersebut, kita bisa mulai mengevaluasi dan mengurangi hal-hal yang tidak perlu untuk dibeli. Sebagai tambahan, semakin cepat langkah ini Anda lakukan, maka akan semakin besar pula tabungan yang akan Anda miliki. Menyimpan uang di rumah memang lebih mudah, tapi kamu harus berkomitmen untuk tidak mengutak-atiknya.

Walau tentu saja besaan bunga tabungan tidak sebesar keuntungan investasi. Prinsip tersebut merupakan prinsip yang salah, tapi justru menjadi kebiasaan kebanyakan orang. Seharusnya sisihkan 20% dari penghasilan untuk ditabung, baru alokasi dana yang lain dapat dianggarkan. Jika tadi kita bahas soal perencanaan keuangan, terkadang kita suka lupa untuk mencatat juga pengeluaran kecil sehari – hari. Yang akhirnya menumpuk dan membuat kita lupa uang kita dipakai untuk hal apa. Penting bagi kita yang mau belajar mengatur keuangan agar mencatat setiap pengeluaran sekecil apapun itu.

Jika partnermu masih beranggapan bahwa kamu seharusnya “berada di rumah dan menjadi ibu rumah tangga” setelah menikah nanti, woah woah woah, bicarakan dengan si dia. Tanyakan apa alasannya dan jelaskan bahwa sebagai perempuan kamu juga memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk mendukung keluargamu secara finansial. Susun anggaran ini dengan ketat, di mana semua kebutuhan terpenuhi dengan tepat.

Warren membagi tiga alokasi dana, yakni 50 persen untuk biaya hidup, 30 persen untuk hiburan, dan 20 persen ditabung dan diinvestasikan. Dari uang tersebut orang tua bisa mengajari anak menentukan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan uang tersebut. Misalnya, orang tua akan memberi goal, dalam dua bulan ke depan dengan uang tersebut cukup untuk dibelikan online game. Bermain monopoli menjadi salah satu cara orang tua untuk mengenalkannya cara menabung. Selain itu orang tua juga dapat mengajak anak pergi ke supermarket untuk memperlihatkannya cara transaksi. TEMPO.CO, Jakarta – Menabung merupakan kegiatan positif yang memiliki dampak besar dikemudian hari.

Joystik