7 Risiko Usaha Yang Harus Diperhatikan Setiap Bisnis

Menurut Satjipto Rahardjo, rangkaian permasalahan dalam dunia pengembanan hukum di Indonesia sudah luar biasa dan sudah sedemikian gawatnya. Penyelesaiannya tidak dapat dilakukan dengan cara-cara hukum yang biasa dan konvensional. Salah satu cara hukum luar biasa yang ditawarkan oleh Satjipto Rahardjo untuk menghadapi kemelut dalam dunia penegaka hukum adalah suatu tipe penegakan hukum progresif. Untuk memberikan jaminan agar pemilih dapat menggunakan pilihnya harus tersedia daftar pemilih akurat yang memenuhi standar kualitas daftar pemilih.

Keberanian, dan keyakinan untuk menjalani usaha

Selain sikap sikap di atas, berdoa juga wajib dilakukan oleh seorang pengusaha. Berdoa juga akan menjadi sebuah kekuatan untuk usaha-usaha yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan berdoa, kita menyerahkan segala hasil pada Sang Pencipta. Dengan demikian, hati dan pikiran akan lebih tenang serta lebih fokus untuk menjalankan bisnis tersebut. Selain berdoa, rasa ikhlas dan bersyukur juga harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Dengan begitu, seorang pengusaha dapat lebih bisa memaknai hasil daripada kerja kerasnya.

Keadilan tidak saja menyangkut kesetaraan didepan hukum, tetapi juga keadilan untuk memperoleh kesempatan pendidikan, pekerjaan dan informasi. Saat ini Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2011 dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2004 tentang Komisi Yudisial juga diubah dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2011. Setelah 16 tahun reformasi, pembangunan hukum nasional nampaknya masih dalam tahap mencari bentuk dan pola yang perfect. Namun, proses penyelenggaraan pemerintahan dapat dikatakan jauh lebih baik karena adanya peningkatan kontrol sosial dan peran serta masyarakat dalam penyusunan dan pelaksanaan konsep pembangunan hukum nasional. Pernyataan yang satu ini pastinya kerap menghampiri bagi mereka yang ingin melakukan kegiatan yang baru dan tentunya berbeda dari rutinitas sehari-hari. Kekhawatiran untuk gagal menjalankan usaha, memimpin tim hingga meluncurkan produk tidak bisa dihindari dengan mudah.

Kemampuan menjual adalah satu-satunya cara untuk menarik minat orang agar mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan terus melatih dan mencoba, kemampuan menjual dapat berkembang dari waktu ke waktu. “Saya tidak punya uang untuk modal menjadi pengusaha sukses, tapi saya punya ide dan kreatifitas untuk modal menjadi pengusaha sukses”.

Namun keberanian untuk menghadapi resiko tetap disertai dengan perhitungan dan perencanaan yang matang. Sehingga seorang entrepreneur bukan hanya berani nekat saja, tetapi juga berani bertanggungjawab atas keputusan yang telah diambilnya. Mereka lebih memilih zona nyaman tanpa memikirkan besarnya resiko kerugian usaha. Bahkan kebanyakan dari mereka sudah takut setelah mengetahui berbagai resiko yang akan dihadapi ketika memutuskan untuk menjadi enterepeneur. Tak heran jika masyarakat kita lebih berminat menjadi pegawai negeri sipil atau menjadi karyawan di sebuah perusahaan besar dibandingkan menjadi seorang entrepreneur.

Joystik